Translate

Monday, March 7, 2016

Tips & Tricks Cara Mengatur Gaji Bulanan

By.Angel Eye
 
Menghitung Gaji Bulanan
Kebanyakan orang mulai terlena pada saat gajian. Keinginan untuk berbelanja acap kali tak dapat tertahankan.sedangkan tagihan harus dibayarkan tepat waktu. Akhirnya belum tengah bulan, kita sudah kehabisan uang dan bisa malah kita berhutang. Berikut ini adalah tips & tricks untuk menyiasatinya agar kita tidak masuk kedalam keadaan yang membuat kita merugi :

A.   Membuat Anggaran Belanja
Kita  wajib merencanakan anggaran belanja setiap bulannya dan meninjau kembali pengeluaran selama tiga bulan terakhir. Perlunya kita membuat catatan pengeluaran rutin tiap bulan termasuk juga untuk  entertainment seperti Busana,Hobi,dan lain sebagainya.Kita wajib mengetahui tipe pembelanja  diri kita dan ketika kita telah mengetahui tipe kita maka akan mudah melakukan penghematan. Buatlah  anggaran belanja yang tepat dan secara detail. Kesuksesan langkah ini terletak pada rencana pengeluaran yang kita susun dan terencanakan.

B.    Wajib Memiliki Dua Rekening Bank
Wajib hukumnya kita memiliki dua buah rekening bank yang mana rekening bank tersebut dipergunakan untuk keperluan yang kita petakan.Rekening pertama dipergunakan untuk keperluan semua transaksi kita setiap bulannya diantaranya : Membayar cicilan,Belanja,Bayar Listrik dan keperluan wajib setiap bulannya.Sedangkan  rekening bank yang kedua digunakan untuk transfer gaji dan menabung tetapi yang perlu diingat bahwa usahan untuk memilih rekening bank yang sangat jarang sekali gerai ATMnya dan kita harus pintar memilih tempat menyimpan ATM tersebuat agar tidak mudah terlihat oleh kita.

C.   Berniat Melunasi Utang dan Cicilan
Jadikanlah prioritas utama untuk lunasi segala tagihan yang menumpuk setelah menerima gaji. Untuk melakukan cicilian sebaiknya anda budgetkan 30% dari penghasilan setiap bulannya.Hal ini membantu penghitungan anggaran untuk jangka panjang. Apabila, utang tersebut tidak dapat dilunasi dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran yang harus disetorkan hingga utang tersebut lunas. Sebelum ingin memuaskan semua nafsu belanja kita sebaiknya lihat semua hasil perhitungan anggaran kita.

D.   Buatlah Catatan Pengeluaran dan Pemasukan
Langkah selanjutnya adalah membuat buku catatan pengeluaran dan pemasukan selama sebulan.Kita bisa mencatat barang atau jasa yang dibeli, jumlahnya, nominal transaksi, waktu pembelian, dan tempatnya. Diperlukannya ketekunan didalam menyusun catatan , tapi ini membantu kita dalam mengerem pengeluaran setiap bulannya.

E.   Membandingkan Pengeluaran dengan Anggaran

Poin terakhir adalah membandingkan rencana anggaran pengeluaran dengan buku harian pengeluaran kita. Apabila rencana anggaran berbeda jauh dari kenyataan, maka kita perlu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Periksa kembali agar kita mengetahui pengeluara terbesar kita yang biasa digunakan.

No comments:

Post a Comment